iOS 12: Semua Yang Perlu Kalian Ketahui


Tanggal 4 Juni kemarin, wakil presiden senior Apple, Craig Federighi, secara resmi mengumumkan iOS 12. Inilah yang perlu kalian ketahui tentang sistem operasi seluler terbaru Apple.
DUA KALI SEBAGAI CEPAT SEBAGAI IOS 11

Alih-alih membawa fitur baru yang inovatif, iOS 12 ternyata lebih berfokus pada stabilitas dan kinerja. iOS 12 memiliki pengoptimalan baru yang meningkatkan kinerja baterai yang lebih hemat dari sebelumnya.

Pembaruan kali ini sangat berbeda dari pendahulunya dan berjalan hampir dua kali lebih cepat daripada iOS 11.

Menurut Apple, pengguna dapat membuka aplikasi 40% lebih cepat, layar keyboard 50% lebih cepat, dan akses kamera 70% lebih cepat.

AUGMENTED REALITY LEBIH BAIK DENGAN ADANYA ARKIT 2

Setelah menampilkan peningkatan kinerja, Craig beralih ke kemampuan Augmented Reality iOS 12. Upgrade iOS 12 ARKit, yang diperkenalkan di iOS 11, ke ARKit 2. iOS 12 juga memperkenalkan kerangka kerja baru, kompatibel dengan Adobe Creative Cloud, yang disebut USDZ.

Ini akan memungkinkan pengembang mengintegrasikan konten AR ke situs web dan bentuk media lainnya. Aplikasi iOS baru ini sekarang akan menggunakan ARKit 2 untuk memungkinkan pengguna mengukur suatu objek.

Pengguna akan dapat mengirim objek 3D ke orang lain menggunakan ARKit 2 dan segera memproyeksikannya untuk dilihat. Selain itu, ARKit sekarang mendukung banyak perangkat sekaligus memberi pengguna pengalaman AR yang efisien kepada semua pengguna. Pengguna iOS 12 juga dapat memainkan game berbasis AR bersama di perangkat yang berbeda.

FOTO DISCOVERY BERBASIS INTELIJEN

Mencari foto akan lebih baik berkat AI. iOS sekarang dapat mengenali objek dalam gambar secara akurat. “Share suggestions/Bagikan saran” di aplikasi Foto akan memungkinkan kalian berbagi foto menggunakan pengenalan wajah dengan kontak kalian yang muncul di foto tertentu. Tindakan ini dilakukan menggunakan iMessage tanpa menurunkan resolusi media.

Bagian baru yang berlabel “For you/Untuk Anda” juga hadir di Foto dengan saran, kompilasi, dan konten yang dipersonalisasi untuk pengguna.

SIRI LEBIH CERDAS DARI YANG PERNAH ADA

Siri di iOS 12 lebih pintar dari pendahulunya dan meluas kompatibilitas ke aplikasi pihak ketiga. Asisten digital Apple sekarang dapat memahami "konteks" dari setiap pesan seperti Asisten Google. Layar kunci juga akan menampilkan saran untuk Siri yang berkaitan dengan situasi kalian saat ini.

Misalnya, Siri akan mengingatkan kalian untuk mengaktifkan mode "Do Not Disturb/Jangan Ganggu" ketika kalian mengirim pesan kepada seseorang yang mengatakan bahwa kalian akan sibuk. Selain itu, aplikasi baru yang disebut "Shortcuts/Pintasan" akan memungkinkan kalian mengotomatiskan tugas dengan Siri.

Ini akan bekerja bersama-sama dengan Workflow, sebuah aplikasi yang memungkinkan kalian membuat "alur kerja" untuk mengotomatisasi acara dan tindakan.

MANAJEMEN KESEHATAN DIGITAL

Sama seperti Android P, iOS 12 juga dilengkapi dengan sistem manajemen kesehatan digital. Kalian dapat mengelola batas aplikasi dan menentukan ringkasan aktivitas mingguan untuk setiap aplikasi.

Orang tua juga akan memiliki kendali lebih besar atas kegiatan anak-anak mereka. Mereka dapat memblokir dan membatasi akses ke situs web tertentu, aplikasi, dan bentuk konten yang tidak layak untuk anak di bawah umur.

SISTEM NOTIFIKASI BARU

iOS 12 kini hadir dengan pemberitahuan yang dikelompokkan berdasarkan aplikasi, bukan tanggal. Setelah beberapa waktu tidak aktif, Siri akan menyarankan kalian untuk mematikan pemberitahuan untuk aplikasi atau game tersebut.

MENINGKATKAN APLIKASI STANDAR

iOS 12 hadir dengan antarmuka pengguna Apple News yang didesain ulang tetapi layanannya masih terbatas hanya untuk negara tertentu. Aplikasi Voice Note telah menerima antarmuka pengguna baru dan akan segera diport ke iPad.

Aplikasi iBooks sekarang berubah nama menjadi "Apple Books" dan juga akan mendukung audio books. Craig Federighi juga menyebutkan bahwa CarPlay sekarang akan mendukung aplikasi navigasi pihak ketiga, bukan hanya saham Apple Maps.

FACETIME GROUP CALLS

Dimulai dengan iOS 12, kalian dapat menggunakan FaceTime dengan 32 orang sekaligus dalam satu panggilan. Kalian juga dapat bergabung dengan percakapan FaceTime langsung dari iMessage.

ANIMOJI BARU

Terlepas dari emoji animasi ini, pengguna juga dapat membuat personalisasi atau emoji pribadi dengan "MiMojis".

IOS 12 UNTUK PUBLIK

Versi "Public" akan secara resmi dirilis pada bulan September, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk kalian yang tidak sabar, bisa menggunakan iOS 12 Beta sekarang. Silakan mendaftar bila ingin menggunakan iOS 12 versi Beta.

Untuk berita dan pembaruan WWDC 2018 lainnya, ikuti Techvibe di Facebook dan Twitter.

Belum ada Komentar untuk "iOS 12: Semua Yang Perlu Kalian Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel