Apple Blokir Pembaruan Telegram di App Store


2018 merupakan tahun sial untuk aplikasi Telegram, dimana Apple memblokir pembaruan untuk Telegram secara global. Sebelumnya Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) minta akses backdoor untuk aplikasi Telegram namun pihak Telegram menolak memberikan akses backdoor.

Tak lama setelah penolakan, Rusia menuntut Apple untuk menghapus Telegram dari app store region Rusia. Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengklaim aplikasi Telegram ini banyak digunakan oleh para kriminal, teroris, dan ekstremis untuk saling berkomunikasi sesama mereka dengan aman tanpa terdeteksi.

Aplikasi Telegram memang terkenal dengan fitur komunikasinya yang terenkripsi end-to-end, seperti aplikasi Whatsap dan lainnya. Dikutip dari Reuters "Kami percaya telah melakukan satu hal yag mungkin, menyelamatkan hak privasi pengguna di negara yang bermasalah," jelas Durov.

Apple belum memberikan klarifikasi terhadap keputusan ini, apakah benar Apple memihak dengan Rusia atau kah memang pembaruan Telegram saat ini tidak sesuai standar dan syarat App Store? Tapi kalian harus tahu juga, Apple sangat menghargai privasi dari pelanggannya.

Pertanyaan untuk kita semua? apakah aplikasi Telegram akan dihapus dari App store? ataukah pihak Telegram akan mencabut aplikasi mereka tersebut dari app store?

Belum ada Komentar untuk "Apple Blokir Pembaruan Telegram di App Store"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel