Jaringan 5G Jadi Ancaman Untuk Jaringan 4G, 3G dan 2G



Sudah 3 tahun lebih merasakan jaringan 4G dan merasa puas dengan kecepatan yang diberikan jaringan 4G, seiring dengan permintaan kecepetan internet dari masyarakat yang semakin meningkat. Tanpa kita sadari jaringan 5G akan segara diterapkan di tanah air, kabar baik bukan. Operator seluler pun berlomba-lomba berinvestasi untuk teknologi ini.

Untuk saat ini 4G dinilai masih relevan untuk kebutuhan Indonesia, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya meragukan kalau 4G akan ditinggalkan karena munculnya teknologi jaringan 5G. Selain kebutuhan pelanggan masih terpenuhi, menurutnya jaringan 5G akan lebih berguna untuk perangkat yang terhubung internet (Internet of Things/ IoT).

Yessie D. Yosetya juga mengatakan "Tergantung kondisi konsumen dan segmen yang berbeda-beda,sekarang memang banyak dari layanan data, sementara voice kecil, tapi tidak bisa seketika dimatikan karena voice itu masih kita layani di jaringan 2G"

Jaringan 5G Jadi Ancaman Untuk Jaringan 4G, 3G dan 2G

Vice President Technology and System Telkomsel Indra Mardiatna sependapat dengan Yessie. Menurutnya, jaringan 5G lebih cocok diaplikasikan ke perangkat IoT dan industri. Bukan hanya 4G, teknologi jaringan seperti 2G dan 3G pun dinilai masih relevan sekalipun 5G resmi di publikasikan nanti.

Walau jaringan 5G diprediksi bakal lebih cepat masuk ke Indonesia, semua itu masih bergantung pada migrasi 4G saat ini. Sebab di sejumlah daerah Indonesia masih banyak masyarakatnya yang setia menggunakan ponsel 2G untuk berkomunikasi.

Jika masyarakat berhasil diajak berpindah ke 4G. Spektrum yang digunakan untuk jaringan 2G dapat dimaksimalkan untuk 4G. Sehingga ketika jaringan 5G muncul nanti, dapat langsung diterapkan tanpa perlu penantaan.



Untuk itu perlu upaya agar masyarakat tertarik menggunakan 4G. Pihak Qulacomm sendiri, menjalin kolaborasi dengan operator untuk menyediakan smartphone 4G terjangkau untuk masyarakat di daerah-daerah. Salah satu manfaat jaringan 5G adalah efisiensi yang diusung jika dibanding teknologi jaringan sebelumnya. Itu sebabnya, menurut Indra, Telkomsel secara bertahap akan mengurangi spektrum 2G.

Bila pemerintah Indonesia mengeluarkan keputusan, untuk memberhentikan jaringan 2G seperti yang dilakukan pemerintah Thailand yang mengeluarkan keputusan untuk mematikan 2G dinegaranya, migrasi ke jaringan 4G akan lebih cepat.

Belum ada Komentar untuk "Jaringan 5G Jadi Ancaman Untuk Jaringan 4G, 3G dan 2G"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel