Ciri-Ciri Judul Berita Clickbait (Penipuan)

Maraknya praktek Clickbait yang terjadi di dunia internet, secara tidak langsung ini merupakan teknik penipuan demi mengejar viewer yang banyak di website maupun di youtube, trafik website dan youtube meningkat itu tujuan akhir. Pasti kalian pernah merasa frustasi dengan judul yang menarik dan ketika kalian membaca isi artikel tersebut ternyata tidak sesuai dengan judul yang dibuat, kejadian ini yang biasa disebut Clickbait.

Biasanya media-media online menggunakan bahasa hiperbola dan provokatif pada judul artikelnya, untuk mendapatkan target viewer yang banyak tanpa memperhatikan isi artikel yang bermanfaat. Tak jarang media-media online besar juga melakukan trik Clickbait ini, miris sekali. Mereka yang seharusnya menjadi media informasi yang dibaca banyak orang, malah membuat suatu penipuan dengan trik tersebut.


Alasan Clickbait dibuat:
Para penulis artikel di media online ingin mengejar target (uang) yang didapatkan dari iklan. Jenis iklan ini dinamakan page per-view, dimana membutuhkan banyak view untuk meninggkatkan pendapatan. Ada banyak jenis iklan, tapi salah satunya itu tadi. Kembali lagi ke setiap masing-masing orang, dimana ada orang yang sudah tahu itu Clilcbait tapi mereka tetap membacanya, dan anehnya ketika kami teliti isi artikel itu, sama sekali tidak berisi informasi atau solusi. Hanya omong kosong belaka "Talks*it"

Contoh Clickbait:
Kalian tidak akan percaya bla bla bla
Mengharukan gadis kecil ini bla ba bla
Binatang berbahaya klik untuk lihat bla bla bla
Nomor 3 akan buat kalian terkejut bla bla bla
Praktek Clickbait memang tidak termasuk kejahatan, karena itu bagian dari strategi marketing dari media online, tapi sangat disayangkan bila judul yang dilebih-lebihkan tidak sesuai dengan isi artikel, yang berujung pada kekecewaan viewer atau pengujung media online tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Judul Berita Clickbait (Penipuan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel