Cara Registrasi Ulang Kartu 3 Baru dan Lama

Tanggal 1 Mei 2018 kemarin Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewajibkan seluruh pengguna kartu SIM di seluruh Indonesia untuk melakukan registrasi ulang kartu/nomor.

Sekaligus seluruh operator seluler memblokir seluruh layanan bagi nomor yang belum diregistrasi, layanan yang di blokir yaitu tidak bisa melakukan panggilan dan sebaliknya, tidak bisa SMS dan tidak bisa internet. 

Kabar baiknya, operator seluler akan tetap membuka layanan registrasi via SMS ke nomor 4444, dengan syarat registrasi ulang dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Bagi pengguna kartu 3 (Tri) dengan nomor lama, registrasi bisa dilakukan melalui SMS, online ataupun datang ke 3Strore terdekat dan tidak dipungut biaya.

Registrasi melalui SMS

Pelanggan cukup mengirim SMS ke 4444 dengan format: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke 4444

Registrasi online

Registrasi online kartu 3 bisa dilakukan dengan mengunjungi situs: https://registrasi.tri.co.id/

Lalu, pilih menu Registrasi Ulang, kemudian isikan nomor yang akan diregistrasi, nomor NIK dan nomor KK. Untuk keamanan data dan kartu, pelanggan diminta memasukkan salah satu metode untuk mendapat kode rahasia melalui SMS atau menggunakan 4 angka terakhir nomor seri (ICCID) yang tertera pada kartu 3.

Bagi pengguna yang belum melakukan pendaftaran SIM Card, maka siap-siap mengalami pemblokiran. Terhitung sejak 28 Februari, Kominfo akan memulai perhitungan mundur pemblokiran secara bertahap untuk kartu prabayar yang belum registrasi ulang.

Cek status registrasi kartu Tri

Pengecekan bisa dilakukan dengan mengirmkan SMS dengan format:
status kirim ke 4444 atau dengan cara online.

Registrasi gagal?

Proses registrasi gagal karena kendala sistem operator yang sibuk atau masalah pada NIK dan nomor KK yang belum diaktifkan. Jika proses registrasi gagal, ulangi proses yang sama melalui SMS setidaknya lima kali.

Jika masih gagal, kunjungi gerai Tri terdekat. NIK dan nomor KK biasanya menjadi kendala proses registrasi.

Pemerintah kembali mengimbau masyarakat agar segera melakukan registrasi menggunakan NIK dan nomor KK (kartu Keluarga) secara benar dan berhak.

Perlu ditambahkan juga bahwa, untuk registrasi yang dilakukan sendiri (via SMS, online, atau aplikasi) pelanggan dibatasi hanya bisa mendaftarkan maksimal 3 nomor prabayar dari operator yang sama.

Apabila ingin lebih dari itu, maka pelanggan bisa mendatangi gerai operator seluler yang bersangkutan. Registrasi kartu prabayar yang telah terdaftar juga bisa dibatalkan lewat proses UnReg.

Registrasi Ulang Kartu 3 Baru dan Lama

Sesuai Peraturan Kementerian Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, alur pemblokiran secara bertahap sebagai berikut:

  • Bagi yang belum melakukan registrasi ulang sampai 30 Maret 2018, maka mulai tanggal 31 Maret akan dilakukan blokir layanan telepon keluar dan SMS keluar.
  • Jika belum juga dilakukan registrasi kartu prabayar sampai 14 April, maka mulai tanggal 15 April pemblokiran juga akan dilakukan untuk telepon masuk dan SMS masuk.
  • Jika belum juga dilakukan registrasi kartu prabayar sampai 29 April, maka mulai tanggal 30 April ditambah blokir layanan Internet.
Pada periode hitung mundur pemblokiran, masyarakat tetap bisa melakukan SMS registrasi ulang ke 4444 sampai dengan habis masa berlaku kartu SIM. Namun demikian, jika hingga waktu yang ditentukan belum juga melakukan registrasi, maka SIM Card tersebut akan diblokir secara permanen.

Belum ada Komentar untuk "Cara Registrasi Ulang Kartu 3 Baru dan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel