Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya



Kalian mungkin sudah sering mendengar jailbreak iOS atau jailbreak iPhone. Katanya jailbreak membuat iPhone menjadi lebih baik dan memberikan banyak fitur baru dan kelebihan lain. Sekarang pertanyaan untuk kita semua,

Apa Itu Jailbreak?

Jailbreak adalah salah satu teknik yang membuat perangkat iOS Kalian seperti iPhone dan iPad memiliki kebebasan yang lebih. Seperti namanya, Jailbreak bisa di artikan dengan “merusaki penjara”. Cocok untuk sistem iOS yang membosankan dan penuh batasan. Istilah jailbreak mulai di kenal sekitar tahun 2007 bersamaan dengan rilisnya iOS 1.1.1 pada waktu itu.

Simplenya, jailbreaking memberikan akses ke sistem root, yang memungkinkan Kalian bisa modifikasi dan menginstal komponen software pihak ketiga. Hal ini memberikan kontrol penuh terhadap iPhone Kalian. Dengan melakukan jailbreak iOS, Kalian akan bisa memiliki kendali lebih banyak terhadap iPhone dan iPad atau platform iOS Kalian seperti contohnya menambah fitur tweak, tema, dan lain sebagainya.

Apa Itu Tweak 

Tweak adalah aktivitas seseorang yang melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa sebuah hardware atau software. Aktivitas ini bisa diibaratkan melakukan fine tuning sebuah produk agar memberikan kinerja yang terbaik sesuai harapan orang tersebut.

Contoh tweak:


Bisa Kalian lihat digambar, tersapat 2 tweak;

  1. Anemone: Karena tweak ini, semua tema dan ikon iPhone Techvibe bisa berubah.Gambarnya bisa Kalian nanti di point Kelebihan Jailbreak.
  2. CCRecorder (iOS10): Dulu di iOS 10 tidak ada fitur untuk merekam layar, nah berkat JB iPhone Techvibe bisa merekam layar di iOS 10. Kalau untuk iOS 11 sudah tidak perlu pakai tweak karena sudah di tambahkan oleh pihak Apple dan menjadi bawaan iOS 11.


Apakah Jailbreak Gratis atau Berbayar?

Jailbreak bisa Kalian lakukan gratis dan tidak perlu biaya, dengan syarat Kalian melakukannya sendiri atau meminta bantuan teman yang tidak dibayar. Jika Kalian menggunakan jasa di toko seluler, tentu saja mereka akan mematok harga bervariasi sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 saja.

Jika Kalian tahu cara jailbreak iOS dan bisa menerapkan cara tersebut untuk iPhone Kalian sendiri, tentu saja Kalian tidak perlu bayar karena memang tool jailbreak ini bisa Kalian download secara gratis.


Apakah Jailbreak Bisa Download Aplikasi Crack Gratis?

Kenapa tidak, Hampir semua yang Kalian butuhkan ada di JB. Mulai dari aplikasi yang tadinya berbayar di App Store, bisa gratis semua (tidak semua, yang pasti 80% gratis) di JB. Bisa Kalian lihat di gambar, Techvibe bandingkan aplikasi Facetune di App Store yang aplikasinya berbayar dan aplikasi Facetune crack di Jailbreak yang bisa Kalian dapatkan dengan gratis/free.


Apakah Kelebihan Jailbreak?

Dengan Jailbreak, Kalian bisa menggunakan beragam tweak dan tema yang tidak akan pernah Kalian temukan di iOS. Kalian tidak akan bisa menemukan aplikasi tema di App Store karena developer aplikasi tidak diizinkan oleh Apple membuat aplikasi yang mengubah sistem terlalu jauh

Contoh sederhana adalah tema, mengubah tema iPhone hanya bisa Kalian lakukan sebatas mengganti wallpaper saja bila iPhone Kalian belum di JB tapi dengan berstatus JB, iPhone Kalian akan terlihat seperti pada gambar dibawah. Bisa Kalian baca juga di sini salah satu tweak andalan Techvibe CARA MELIHAT STORY INSTAGRAM TANPA KETAHUAN



Apa Kekurangan dan Risiko Jailbreak?

Apakah jailbreak ilegal atau legal? Jailbreak 100% legal tapi dibeberapa negara ada yang ilegal. Kembali lagi di mata Apple, jailbreak tetap tidak sehat untuk perangkat iOS Kalian.

Untuk saat ini jailbreak memang masih dilegalkan. Program-program untuk melakukan jailbreak pun sudah dirilis dengan gratis. Selain itu, tutorial jailbreak juga sudah banyak tersedia di internet, tinggal Kalian saja yang pilih mana yang mau Kalian ikuti.

Sedikit Pengalaman Pribadi

Awal saya mengalami kerusakan atau eror itu ketika saya memaksa Cydia untuk instal tweak yang sebenarnya tidak support dengan iOS yang saya gunakan saat itu. Seperti yang Kalian ketahui, aplikasi-aplikasi diluar sana kan biasanya diupdate entah itu sebulan sekali,setahun atau seabad intinya pasti ada update untuk menutupi bug dan cela keamanan agar tidak di tembus oleh para hacker/peretas.

Begitu juga dengan tweak, contohnya tweak untuk aplikasi Instagram ketika IG diupdate, tweak yang sudah kita instal untuk IG pasti tdk bisa digunakan lagi, yaa itu tadi, karena IG sudah mengupdate aplikasi dan menutup bug dan cela keamanan. Mau tidak mau kita harus menunggu pengembang tweak untuk mengupdate tweak tersebut.

Tweak Erorr

Kerusakan yang saya alami dulu yaitu, aplikasi IG saya tidak bisa dibuka. Setiap kali ingin buka IG selalu crash, tidak bisa dibuka sama sekali. Satu-satunya jalan adalah menghapus/uninstal tweak tersebut untuk sementara waktu, sambil menunggu updatean dari pengembang tweak. Harap maklum dulu saya kurang pengalaman, makanya main sikat saja tanpa memikirkan akibatnya.

Semua Data Di iPhone Terhapus

Kerusakan terparah yang saya alami adalah ketika tweak tidak bisa dihapus/uninstal, tidak tahu apa penyebabnya, saya kebingungan kemudian saya RESET PABRIK iPhone saya dan itu kesalahan terbesar saya. Karena dipikiran saya, ketika saya MERESET, iPhone akan kembali ke pengaturan standar, salah besar. Ternyata Cydia tidak bisa dihapus dengan mereset iPhone, Jalan satu-satunya dengan merestore iOS iPhone atau mengupgradenya ke iOS terbaru.

Tidak selamanya kerusakan atau eror saat JB harus diselesaikan dengan mereset iPhone, yang ada tambah hancur tu iPhone. Ada banyak solusi diluar sana, entah itu di youtube atau website, silakan cari solusi, JANGAN PANIK intinya. Silakan komen dsini kalau Kalian butuh bantuan, saya akan bantu sebisa saya.

Virus dan Malware

Untuk masalah virus atau malware seperti yang ada di artikel di luar sana, menurut pengalaman saya tidak ada virus atau malware yang masuk dan menggangu iPhone saya. Tapi itu bisa saja terjadi, mengingat sistem keamanan iPhone kita sudah melemah ketika kita menJB iPhone kita.

Memang dulu pernah seorang mahasiswa luar negeri pernah membuat malware, yang bisa tembus keamanan sistem dari iPhone. Setelah berhasil masuk ke sistem iPhone, mahasiswa tersebut kemudian memberitahukan pihak Apple. Dia hanya ingin membuktikan kalau virus atau malware bisa masuk ke iPhone.

Semua keputusan ada di tangan Kalian!

Boros Baterai

Jujur saya kurang begitu menyadari apakah baterai iPhone saya boros atau tidak setelah melakukan JB. Menurut saya baterai boros atau tidak tergantung pemakaian juga, dan juga setingan cahaya layar yang terlalu terang bisa membuat boros baterai, satu lagi, aplikasi-aplikasi seperti game juga pasti membuat baterai boros.

Mungkin itu saja untuk ulasan Jaibreak iOS, kalau ada yang kurang atau keliru silakan dikomen.

Catatan* Sebaiknya sebelum Kalian menjaibreak iPhone, minta bantuan teman atau kenalan yang sudah berpengalaman didunia JB. Dan yang pasti resiko ditanggung pemenang hehe ditanggung sendiri dong.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel